CARA MENINGKATKAN DAYA INGAT
PETUNJUK BELAJAR
Untuk mengetahui materi ini anda bisa membaca
referensinya di perpustakaan BK atau melalui internet
KOMPETENSI YANG
AKAN DICAPAI
Setelah memperoleh layanan ini, diharapkan siswa dapat :
- Melakukan latihan peningkatan daya ingat
- Melakukan latihan teknik mengingat bahan pelajaran
- Mengembangkan sikap,kebiasaan dan ketrampilan untuk meningkatkan daya ingat dalam kegiatan belajarnya.
INFORMASI PENDUKUNG
1.
Terjadinya
proses Mengingat dan Lupa
Belajar
merupakan proses latihan atau memerlukan waktu untuk selalu mengulang, oleh
karena itu untuk hasil yang baik sangat membutuhkan waktu. Bagaimanaa kualitas
waktunya sangat berbeda pada setiap individu. Hal ini karena dalam belajar juga
melibatkan fungsi-fungsi dalam otak kita. Selain itu dalam belajar ada
kemampuan yang sangat dibutuhkan yaitu kemampuan mengingat yang terjadi yang
mungkin tidak kita sadari :
Bila
kita melihat gambar di atas, proses terjadinya mengingat terjadi dalam tiga
tahap.
ü
Tahap pertama : masuknya informasi
ü
Tahap kedua :
penempatan informasi dalam ingatan jangka
pendek
ü
Tahap ketiga : penempatan informasi ke dalam ingatan
jangka
panjang
Pada
tahap pertama, masuknya informasi. Kita memiliki panca indra, yang berfungsi
untuk menerima informasi awal yang ada di lingkungan luar diri kita. Melalui
mata, kita bisa melihat bahwa bunga itu merah, daun itu hijau, dan seterusnya.
Melalui indra penciuman kita bisa membedakan wangi dan aroma benda tertentu
atau pun bau yang tidak sedap sehingga sampai pada otak. Dari indra perasa
(kulit) kita bisa merasakan perbedaan hawa dingin dan panas atau basah dan
kering. Baik warna bunga, daun,bau,wangi dsb, merupakan informasi yang kita
terima dari lingkungan. Dalam pendidikan informasi tersebut adalah materi
pelajaran yang diterima melalui panca indra. Dari semua materi pelajaran
tentunya tidak semua yang dapat masuk ke dalam diri kita. Ada faktor minat atau
ketertarikan terhadap suatu pelajaran maka informasi yang berkaitan dengan mata
pelajaran tersebut tentunya akan menjadi perhatian kita. Jadi kalau kita punya
minat yang besar terhadap materi pelajaran tentunya akan mudah kita cerna dan
terima dibandingkan dengan materi pelajaran yang tidak kita minati.
Setelah
menerima informasi, tentunya
kita akan masuk pada tahap berikutnya yaitu menempatkan informasi yang masuk
tadi ke dalam ingatan jangka pendek. Ingatan jangka pendek adalah sebuah
penyimpanan yang bersifat sementara dalam diri kita. Kita hanya dapat mengingat
informasi yang masuk dalam tempat ini kurang lebih hanya sekitar 5, 10 atau 15
detik. Kemudian masuk ke ingatan jangka pendek. Ada dua proses yang terjadi di
dalam ingatan jangka pendek yaitu proses pertama informasi (materi pelajaran)
yang baru diterima jika dilakukan pengulangan atau selalu dilatih kembali, maka
masih tetap dapat dipertahankan. Adanya pengulangan dan dilatih, maka materi
pelajaran yang ada akan tersusun lebih terorganisir atau tertata dalam ingatan
jangka pendek. Dan jika informasi telah tertata atau terorganisir, maka akan
mudah untuk dipahami dan dimaknakan lebih dalam sehingga akan mudah untuk
diingat kembali. Proses kedua, karena tempat dalam ingatan jangka pendek ini
terbatas , maka ketika ada informasi
baru, informasi lama akan tergeser keluar. Hal ini akan terjadi bila tidak
adanya pengulangan atau latihan mengingat pada informasi yang telah didterima.
Oleh sebab itu kita akan lebih sulit untuk mengingat materi pelajaran yang
sebelumnya dan hal inilah yang disebut dengan LUPA.
Tahap
selanjutnya adalah mentransfer (memindahkan) informasi yang bertahan dalam
ingatan jangka pendek ke dalam ingatan jangka panjang. . Namun demikian materi
dapat saja menjadi lupa di dalam ingatan jangka panjang jika tidak adanya usaha
untuk mengingat kembali ,tidak dilatih kembali atau tidak dipergunakan untuk
mengingat. Oleh karena itu materi yang bersifat aplikatif akan cenderung mudah
diingat dibandingkan yang hanya bersifat hapalan.
2. Mengapa Kita Lupa Atau Sulit Mengingat ?
Mengapa
kita mudah lupa atau sulit mengingat informasi yang kita butuhkan ? Masalah
yang sebenarnya bukanlah mengapa kita sulit mengingat, tetapi bagaimana kita
memasukkan informasi itu ke dalam memori kita. Seberapa kuat dan akurat
informasi itu tertanam dalam memori kita. Jika saat memasukkan informasi saja
anda mengalami kesulitan, jangan harap anda dapat dengan mudah mengingat
kemabli data tersebut.
Lalu
faktor apa saja yang membuat seseorang sulit memasukkan informasi ke memori
jangka panjang dan mengalami kesulitan mengingat informasi tersebut ? Ada
beberapa faktor, beberapa diantaranya adalah :
1.
Tidak relevan dan tidak penting
Informasi yang tidak relevan dan tidak penting, tidak akan menarik minat
kita sehingga tidak akan mendapat perhatian khusus. Otak kita memproses sangat
banyak informasi dalam satu waktu. Hanya informasi yang kita anggap penting
saja yang akan mendapat perhatian.
2.
Interferensi atau gangguan
Pada saat kita coba memasukkan data atau informasi ke dalam memori, kita
mengalami gangguan atau interferensi sehingga informasi tersebut menjadi kacau.
3.
Tidak fokus atau tidak konsentrasi
Bila kita berusaha memasukkan informasi ke dalam memori kita pada saat
yang bersamaan dalam pikiran kita muncul banyak pikiran yang silih berganti,
otak akan bingung dan tidak tahu harus memberikan perhatian kepada informasi
yang mana. Ini akan berakibat lemahnya kemampuan penyimpanan informasi.
4.
Stres atau beban mental lainnya
Kondisi pikiran, mental dan emosional yang tidak mendukung, misalnya
stres, saat terjadi upaya memasukkan iunformasi ke dalam memori akan
berpengaruh terhadap seberapa mudah informasi itu diingat kembali saat
didbutuhkan.
Stres dalam kadar yang pas, stres
yang positif, justru akan sangat menunjang peningkatan daya ingat, tetapi stres
yang berlebihan justru akan sangat menghambat. Hal ini disebabkan produksi
hormon kortisol yang berlebihan akan mengganggu kerja hippokampus. Hippokampus
adalah bagian otak yang menangani proses penyimpanan informasi ke dalam memori
jangka panjang.
5.
Fisik yang lelah
Kondisi fisik yang lelah berpengaruh terhadap
daya serap informasi dan dengan demikian mempengaruhi kemampuan mengingat. Para
ahli saat ini telah mengetahui bahwa pikiran dan tubuh saling mempengaruhi.
Saat pikiran kacau, kondisi tubuh akan terpengaruh. Demikian juga saat kondisi
tubuh lemah atau lelah, maka pikiran juga terpengaruh. Fisik yang lelah ini
bisa disebabkan oleh waktu istirahat yang tidak cukup atau jam kerja/belajar
yang terlalu panjang.
6.
Pengaruh zat kimia tertentu
Ada kebiasaan hidup yang kurang mendukung kerja otak. Kebiasaan hidup
yang dimaksud misalnya kebiasaan merokok, minum alkhohol dan mengkonsumsi
obat-obatan tertentu. Riset membuktikan bahwa nikotin yang terdapat dalam asap
rokok dapat membunuh sel otak kita. Demikian juga alkhohol dan zat yang ada
pada jenis obat-obatan terlarang.
3. Latihan meningkatkan Daya Ingat
Apakah
daya ingat dapat ditingkatkan ? jawabnya, ”Dapat, asal Anda tahu caranya dan
anda bersedia melatih otot memori Anda.”
Apa maksudnya
melatih ? kekuatan daya ingat ini sama dengan otot tubuh. Anda dapat melatih
otot mental anda, yaitu otot yang akan meningkatkan kekuatan dan kemampuan daya
ingat anda. Kuncinya adalah anda harus tahu cara yang benar dan secara tekun
mau melatih diri anda.
Namun
anda jangan langsung membayangkan betapa beratnya melatih otot mental anda.
Anda tidak harus berkeringat dan tersengal-sengal. Melatih otot mental anda
ternyata sangat mudah dan menyenangkan. Yang dibutuhkan adalah kreativitas dan
konsistensi. Hanya itu syaratnya !.
Untuk
mendapat daya ingat yang tajam, penting untuk mencapai kondisi rileks baik
secara fisik dan secara mental. Untuk ini Anda bisa mempraktekkan :
Baringkan
punggung anda di lantai. Renggangkan kaki anda dan biarkan telapak tangan anda
menyentuh lantai. Dalam keadaan duduk pun anda dapat melakukannya.
Sekarang tutup mata anda
Ø
Ambil napas dalam-dalam dan simpan untuk beberapa
lama dalam tubuh anda kemudian keluarkan perlahan-lahan.
Ø
Ambil napas lagi dan simpan untuk beberapa waktu
dalam tubuh dan keluarkan dengan perlahan.
Ø
Tarik napas dalam-dalam sekali lagi dan simpan
napas tersebut beberapa lama. Kemudian keluarkan perlahan.
Ø
Sekarang anda dapat merasakan tubuh anda rileks
secara perlahan.
Dengan
setiap napas yang anda ambil, anda akan merasakan rileks terus menerus.
Ø
Sekarang tubuh anda telah rileks, konsentrasikan
pada napas anda.
Ø
Perlahan-lahan rilekskan napas anda
Ø
Jangan tahan napas anda.
Ø
Pernapasan anda , coba untuk rileks
Ø
Anda akan merasakan diri anda lebih rileks lagi
Ø
Lakukan lagi dan jadikan lebih rileks lagi
Ø
Lebih rileks
Ø
Sekarang tenangkan pikiran anda.
Ø
Biarkan ia istirahat.
Ø
Pastikan tidak ada bagian tubuh anda yang
bergerak.
Sekarang perhatikan terhadap
berbagai anggota tubuh anda.
Anda
harus memperhatikan kegiatan ini dilakukan dalam keadaan yang rileks. Jangan
pernah paksa pikiran anda untuk berkonsentrasi.
Ø
Perhatikan tumit kaki kanan anda yang sebelah
kanan dan katakanlah, rileks.
Ø
Perhatikan jari ketiga kaki anda dan katakan lah,
rileks
Ø
Perhatikan jari kedua kaki anda dan katakanlah,
rileks
Ø
Perhatikan jari ketiga kaki anda dan katakanlah,
rileks
Ø
Perhatikan jari keempat kaki anda dan katakanlah,
rileks
Ø
Perhatikan bagian belakang kaki anda dan
katakanlah, rileks
Ø
Perhatikan lutut kaki anda dan katakanlah, rileks
Ø
Perhatikan paha
anda dan katakanlah, rileks
Ø
Perhatikan pinggul anda dan katakanlah, rileks
Ø
Sekarang lakukan hal yang sama terhadap kaki kiri
anda.
Ø
Perhatikan tumit kaki sebelah kiri anda dan
katakanlah, rileks
Ø
Perhatikan belakang kaki sebelah kiri anda dan
katakanlah, rileks
Ø
Perhatikan tumit kaki sebelah kiri anda dan katakanlah, rileks
Ø
Perhatikan lutut kaki anda dan katakanlah, rileks
Ø
Perhatikan bagian belakang kaki anda dan
katakanlah, rileks
Ø
Perhatikan lutut kaki anda dan katakanlah, rileks
Ø
Perhatikan paha anda dan katakanlah, rileks
Ø
Perhatikan pinggul anda dan katakanlah, rileks
Ø
Sekarang katakan oleh anda bahwa kedua kaki anda
telah rileks.
Sekarang
konsentrasi pada kedua tangan anda dan biarkan jari-jarinya rileks.
Ø
Biarkan salah satu jari anda rileks ketika di perintahkan.
Ø
Konsentrasi pada jari tengah anda dan katakan
rileks.
Ø
Konsentrasi pada jari telunjuk anda dan katakan
rileks.
Ø
Konsentrasi pada jari manis anda dan katakan
rileks.
Ø
Konsentrasi pada ibu jari dsan jari kelingking
anda dan katakan rileks.
Ø
Konsentrasi pada telapak tangan kanan anda dan
katakan rileks.
Ø
Sekarang perhatikan pergelangan kanan anda dan
katakan rileks.
Ø
Sekarang perhatikan sikut kanan anda dan katakan
rileks.
Ø
Sekarang konsentrasi pada lengan kanan anda dan
katakan rileks.
Ø
Sekarang perhatikan bahu kanan anda dan katakan
rileks.
Kemudian
lakukan hal yang sama pada tangan kiri anda.
Ø
Konsentrasi pada tangan kiri
Ø
Sekarang konsentrasi pada kedua tangan anda serta biarkan jari-jarinya rileks.
Ø
Biarkan salah satu jari anda rileks ketika
diperintahkan.
Ø
Konsentrasi pada jari tengah anda dan katakan
rileks.
Ø
Konsentrasi pada jari telunjuk anda dan katakan
rileks.
Ø
Konsentrasi pada jari manis anda dan katakan
rileks.
Ø
Konsentrasi ibu jari dan jari kelingking anda dan
katakan rileks.
Ø
Konsentrasi pada telapak tangan kiri anda dan
katakan rileks.
Ø
Sekarang perhatikan pergelangan kiri anda dan
katakan rileks.
Ø
Sekarang perhatikan sikut kiri anda dan katakan
rileks.
Ø
Sekarang konsentrasi pada lengan kiri anda dan
katakan rileks.
Ø
Sekarang perhatikan bahu kiri anda dan katakan
rileks.
Ø
Konsentrasi pada dada anda dan katakan rileks.
Ø
Konsentrasi pada perut anda dan katakan rileks.
Ø
Konsentrasi pada pinggang anda dan katakan
rileks.
Ø
Konsentrasi pada dagu anda dan katakan rileks.
Ø
Konsentrasi pada leher anda dan katakan rileks.
Ø
Pusatkan perhatian pada bibir anda dan katakan
rileks.
Ø
Konsentrasi pada kedua telinga anda dan katakan
rileks.
Ø
Konsentrasi pada kedua mata anda dan katakan
rileks.
Ø
Konsentrasi pada kening anda dan katakan rileks.
Ø
Konsentrasi pada kepala anda dan katakan rileks.
Pusatkan
perhatian pada tubuh anda seluruhnya dan katakan rileks.
Sekarang
perhatikan dengan seksama napas anda.
Konsentrasi saat menghirup dan mengeluarkan napas
anda. Perhatikan perut anda.
Perhatikan
kembang kempis di setiap napas.
Rasakan
anda sedang bernapas.
Dengan
latihan konsentrasi ini anda dapat merasakan seluruh tubuh anda bernapas. Serta
anda juga dapat merasakan seluruh sel dari tubuh anda bernapas.
Perhatikan
napas anda beberapa kali kemudian lanjutkan ke langkah berikutnya.
Sekarang
katakan !
Ø
Saya memiliki ingatan yang baik.
Ø
Saya memiliki ingatan yang baik.
Ø
Saya memiliki ingatan yang baik.
Ø
Saya memiliki ingatan yang baik.
Setelah
mengulangi hal ini sebanyak lima kali, bukalah mata anda perlahan-lahan.
4. Meningkatkan daya ingat
terhadap pelajaran
Anda dapat meningkatkan daya ingat yang Anda miliki. bagaimana
caranya? Semakin baik cara Anda menerima, mengolah dan menyimpan, akan semakin
mudah juga Anda untuk
mengingat kembali data yang telah Anda simpan tersebut. Lalu mengapa Anda mudah lupa atau sulit mengingat informasi yang Anda butuhkan? Masalah yang sebenarnya bukanlah
mengapa Anda sulit mengingat, tetapi bagaimana Anda memasukkan informasi itu ke dalam
memori Anda. Seberapa kuat dan akurat informasi itu tertanam
dalam memori Anda . Jika Anda memasukkan informasi saja sudah mengalami kesulitan, jangan berharap Anda dapat dengan mudah mengingat kembali data
tersebut.
Lalu pertanyaan selanjutnya adalah, “Apakah daya
ingat dapat ditingkatkan? Jawabannya, “Dapat, asal Anda tahu caranya dan bersedia melatih otot memori Anda.” Ada beberapa teknik yang dapat Anda gunakan untuk membantu meningkatkan daya ingat Anda antara lain :
1. Teknik memori
Teknik
memori adalah teknik memasukkan informasi ke dalam otak sesuai dengan cara
kerja otak. Karena metode yang digunakan sejalan dengan cara otak beroperasi
dan berfungsi maka hal itu akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi otak
dalam menyerap dan menyimpan informasi.
Bagaimana
cara kita memasukkan informasi ke dalam otak kita menurut cara yang sesuai
dengan kerja otak ?.Hal-hal pada daftar di bawah ini merupakan hal yang sangat
disukai oleh otak. Semakin anda bisa menggunakan poin yang ada dalam daftar ini
, akan semakin maksimal daya serap dan kemampuan mengingat anda. Otak sangat
suka akan hal-hal yang bersifat :
1.
Tidak masuk akal/ekstrem berlebihan
2.
Seksi
3.
Penuh warna
4.
Multi sensori (melibatkan lebih dari satu panca
indra)
5.
Lucu
6.
Melibatkan emosi
7.
Melibatkan irama,musik
8.
Tindakan aktif
9.
Gambar tiga dimensi dan hidup/aktif
10. Menggunakan asosiasi
11. Imajinasi
12. Humor
13. Simbol
14. Nama dan urutan.
2. Imajinasi
Sambil
menutup mata, coba bayangkan dalam pikiran anda hal-hal berikut :
1. Bayangkan sebuah baju
kaos tanpa kerah, berwarna merah, mempunyai satu saku di bagian tengah.
2. Sekarang bayangkan baju
kaos ini membesar sampai 5 kali dari ukuran semula.
3. Bayangkan baju kaos ini
mempunyai kepala,kaki dan tangan
4. Bayangkan baju kaos ini
mengajak anda berbicara, berkenalan dengan anda.
5. Bayangkan anda mendengar
baju kaos itu berkata, ” Hi... apa kabar ? Senang berkenalan dengan anda, siapa
nama anda?”
Dapatkah
anda melakukan persis seperti yang diminta? Bila anda dapat melakukan dengan
senang hati melakukannya, anda telah mengaktifkan otak kanan anda dengan sangat
baik. Otak kanan berhubungan dengan kreativitas dan imajinasi. Bila anda
mengalami kesulitan dan merasa ini tidak masuk akal, karena tidak ada baju yang
bisa bicara, ini berarti anda masih terkunci oleh pemikiran yang didasarkan
pada kerja otak kiri.
Untuk
bisa mencapai hasil yang maksimal kita harus bisa memberdayakan dan
menyeimbangkan penggunaan kedua belah otak kita.
3. Teknik rangkaian kata/Jurus cerita
Sesuai
dengan namanya, dalam teknik ini kita merangkaikan atau menyambung kata-kata
yang ingin kita hapal. Kita menyambung kata-kata tersebut dengan membuat suatu
cerita.
Perlu
diketahui ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam membuat suatu cerita
pendek yang baik yang dapat meningkatkan daya ingat anda. Syarat utama adalah
anda harus ingat apa yang disukai oleh otak, yaitu 14 poin di atas , syarat lainnya
adalah :
1.
Buatlah cerita yang berisi suatu aksi/tindakan
Misalnya anda ingin merantaikan kata baju
dengan sepeda. Jangan menggunakan baju
berada di sebelah sepeda tapi baju mengangkat sepeda
2.
Hindari perubahan bentuk
3.
Maksudnya adalah jangan membayangkan baju berubah
menjadi sepeda. Perubahan bentuk akan mengacaukan urutan kata yang dihapal dan
kurang menarik bagi otak.
4.
Jangan menambah obyek lain
5.
Hanya menggunakan obyek yang hendak anda
hapalkan, jangan menambah benda lain. Jangan membuat cerita : baju memakai topi
sambil naik sepeda. Unsur topi akan masuk dalam memori anda, padahal anda tidak
membutuhkan ini.
6.
K.I.S.S (Keep It super
Simple)
Buat cerita yang
sederhana. Semakin sederhana semakin baik
dan efektif. Cerita yang rumit akan membuat anda pusing dan
membingungkan otak.
7.
Saat anda membuat cerita yang berisi gambar dari
kata/obyek yang ingin anda hapal, usahakan untuk menutup mata anda sambil
arahkan bola mata anda ke arah kiri atas
Setelah
memahami syarat membuat rantaian kata yang baik, kini hapalkan rangkaian
kata-kata berikut :
1. Rumah 11.
Kapal
2. Gudang 12.
Tentara
3. Pesawat 13.
Pasar Atom
4. Basoka 14.
Becak
5. Gunung 15.
Susu
6. Merpati 16.
Inul
7. Hotel 17.
Polisi
8. Samudra 18.
Telepon
9. Jakarta 19.
Saddam
10. Amerika 20.
Dawet
1. Bayangkan rumah anda.
Setelah gambar rumah anda jelas terlihat di dalam pikiran anda, bayangkan rumah
anda mempunyai tangan yang kuat.
2. Rumah anda kemudian
mengangkat sebuah gudang
3. Gudang ini lalu
dilemparkan dan mengenai sebuah pesawat Boeing.
4. Pesawat menggapai
sesuatu dan menemukan basoka
5. Basoka ditembakkan da
mengenai sebuah gunung
6. Dari gunung lalu keluar
banyak sekali merpati
7. Merpati terbang dan
menginap di hotel
8. Ternyata di dalam hotel
ada si Samudra yang sedang merencanakan tindakan jahat
9. Setelah merencanakan,
Samudra berangkat ke Jakarta hendak mengebom fasilitas Amerika.
10. Amerika marah dan segera
mengirim kapal
11. Dalam kapal ada banyak
tentara
12. Tentara pergi ke pasar
Atom hendak membeli becak
13. Becak menabrak susunya
Inul
14. Inul marah-marah dan
lapor ke polisi
15. Polisi segera cari
telepon dan menelepon saddam
16. Saddam tidak bisa
menjawab karena sedang makan dawet.
4. Teknik Plesetan Kata
Teknik
ini menuntut kreativitas untuk bisa berhasil dengan baik. Dalam teknik ini kita
menggantikan kata sulit yang ingin kita hapal dengan kata lain yang bunyinya
mirip dan lucu. Teknik sangat berguna untuk membantu kita menghapal kata-kata
asing atau istilah yang tidak kita kenal.
Misalkan
anda ingin menghapal data di bawah ini :
No.
|
Nama
Negara
|
Ibu
Kota
|
1.
|
Irak
|
Baghdad
|
2.
|
Turki
|
Ankara
|
3.
|
Islandia
|
Reykjavik
|
4.
|
Spanyol
|
Madrid
|
5.
|
Honduras
|
Tegucigalpa
|
6.
|
Mongolia
|
Ulan
Bator
|
Sekarang coba kita aplikasikan teknik plesetan kata.
No.
|
Nama
Negara/Ibu Kota
|
Plesetan
Kata
|
1.
|
Irak/Baghdad
|
Irex
membuat kita seperti badak
|
2.
|
Turki/Ankara
|
Turis
kita ,anker
|
3.
|
Islandia/Reykjavik
|
Iklan
dia ,rejeki apik
|
4.
|
Spanyol/Madrid
|
Separuh
nyolong, malas ngirit
|
5.
|
Honduras/Tegucigalpa
|
Honda
di teras terkunci apa?
|
6.
|
Mongolia/Ulan
Bator
|
Mogok
kuliah ulangan batal
|
5
Sistem Pasak Lokasi
Sistem
pasak lokasi dapat sangat efektif bekerja karena teknik ini mengakses dan
mengaktifkan memori semantik dan episodik. Saat kita berusaha menghapal suatu
informasi, kita mengaktifkan memori semantik. Informasi ini lalu kita cantolkan
pada suatu lokasi. Ini mengaktiffkan memori episodik.
Dalam
memilih dan menentukan lokasi anda harus :
v
Memilih tempat yang telah anda kenal
v Usahakan lokasi itu
berurutan. Tujuannya agar saat anda mengingat kembali apa yang telah anda
masukkan dalam memori, anda tidak akan salah.
v Penentuan lokasi
dikelompokkan tiap 5 lokasi. Contoh
lokasi yaitu rumah anda :
1.
Pintu
2.
Jendela
3.
Meja bundar
4.
Kursi
5.
Meja kecil
6.
Bufet
7.
Meja makan
8.
Televisi
9.
Meja belajar
10.
Tempat sampah
Contoh
anda ingin menghapal kata-kata berikut:
Ø Kapur
Ø Magnet
Ø Yodium
Ø Batubara
Ø Garam
Ø Leher
Ø Dada
Ø Perut
Ø Lutut
Ø Kaki
Karena
ada 10 data, maka kita membutuhkan 10 lokasi . Sekarang tentukan lokasi dari
bagian tubuh anda :
1.
Rambut
2.
Mata
3.
Hidung
4.
Mulut
5.
Telinga
6.
Aspal
7.
Gips
8.
Belerang
9.
Aluminium
10.
Emas
Sistem Pasak lokasinya sebagai berikut :
1.
Bayangkan
ada kapur di kepala anda
2.
Bayangkan ada magnet dimata anda
3.
Bayangkan hidung anda terkena yodium
4.
Bayangkan kembali mulut anda terbakar oleh
batubara sehingga terasa terbakar dan
mampu mengeluarkan api dari mulut anda
5.
Bayangkan garam masuk ke telinga
6.
Bayangkan di leher anda terdapat aspal
7.
Bayangkan didada terpasang gips
8.
Bayangkan perut anda berbau belerang
9.
Bayangkan di lutut anda tertempel aluminium
10.
Bayangkan kaki anda mengeras dan berwarna emas
6. Teknik Akrostik
Teknik akrostik adalah
teknik menghapal dengan cara mengambil hur4uf depan dari materi yang ingin
dihapal. Kemudian huruf depan ini digabungkan dan dibuat suatu singkatan atau
cerita yang lucu.Contoh menghapal urutan nama planet dari posisi yang paling
dekat dengan matahari hingga planet terjauh sebagai berikut :
Merkurius = M
Venus = V
Bumi = B
Mars = M
Jupiter = J
Saturnus = S
Uranus = U
Neptunus = N
Pluto = P
Singkatan
lucu yang bisa dibuat adalah Main
Volley Ball Membuat Jantung Sehat Untuk Nenek Peot
Contoh
lain , misalkan anda menghapal unsur-unsur kimia pada tabel Susunan berkala
unsur kimia golongan A
I A
|
II A
|
III A
|
IV A
|
V A
|
VI A
|
VII A
|
VIII A
|
H
|
Be
|
B
|
C
|
N
|
O
|
F
|
He
|
Li
|
Mg
|
Al
|
Si
|
P
|
S
|
Cl
|
Ne
|
NA
|
Ca
|
Ga
|
Ge
|
As
|
Se
|
Br
|
Ar
|
K
|
Sr
|
In
|
Sn
|
Sb
|
Te
|
I
|
Kr
|
Rb
|
Ba
|
Ti
|
Pb
|
Bi
|
Po
|
At
|
Xe
|
Cs
|
Ra
|
Rn
|
|||||
Fr
|
Akrostik yang dipakai adalah
Gol I A : Hari libur Naik Kuda Rabu
Kamis Free
Gol II A :
Beras Magetan Campur Srondeng Baru Rame
Gol III A :
Bang Ali Gandeng Ina di Tivi
Gol IV A :
Cewek Sinting Genit Senang Plembungan
Gol V A : NaPAs Sebelum Bicara
Gol VI A :
Orang Surabaya Senang Telan Pohon
Gol VII A : Frida Colong
Bra Ibu Atik
Gol VIII A :
Heran Nenek Armin Kriting Xemok Ranum
Untuk
bisa membuat akrostik yang lucu dan menarik membutuhkan kreativitas. Tapi
begitu anda berhasil menghapal dengan teknik ini, dijamin informasi yang anda
simpan dalam memori anda dapat bertahan sangat lama. Kalaupun ada yang lupa
anda tinggal menghapal akrostiknya saja. Bukan nama unsurnya. Untuk bisa
mengingat nama unsur , anda tinggal mengubah kalimat lucu yang telah anda
hapalkan menjadi nama unsur yang diwakilinya.
7. Teknik Kata kunci
Teknik
kata kunci digunakan untuk mengingat data berupa kalimat panjang. Daripada
menghapal kalimat yang panjang dan membosankan, kita mencari kata utama yang
ada dalam kalimat itu dan mengubahnya ke dalam bentuk gambar yang lucu dan
menarik. Ingatlah selalu, otak kita menyimpan gambar dan arti, bukan menyimpan
teks atau huruf. Contoh :
Jepang
dijuluki sebagai negeri matahari terbit. Penduduk jepang adalah
penganut agama Shinto. Kepercayaan shinto adalah suatu kepercayaab yang
memuja dan menyembah dewa matahari. Rakyat jepang percaya bahwa kaisar
jepang adalah keturunan dewa matahari. Selain itu jepang juga dijuluki
sebagai negeri sakura karena di sana banyak terdapat bunga sakuraa. Wilayah
darat jepang terdiri dari bukit dan pegunungan. Jepang merupakan
salah satu kekuatan ekonomi dunia. Keberhasilan jepang didukung oleh
keberhasilan di sektor industri dan teknologi.
Gunakan
teknik kata kunci dengan cara memberi tanda kata-kata kuncinya seperti
yang dalam teks di atas. Kemudian
ubahlah kata kunci yang ada pada setiap kalimat mejadi gambar dan bayangkan
dengan sangat jelas dalam pikiran anda, Misalnya :
1.
Anda membayangkan bendera Jepang yang berkibar di
bawah terik matahari
2.
Oshin (penduduk jepang) punya kawan bernama Shinta
3.
Shinta menyembah matahari
4.
Banyak oshin melihat sebuah tahta di bawah matahari
5.
Bayangkan bunga sakura
6.
Bayangkan anda bermain ski menuruni bukit dan
gunung
7.
Bayangkan bendera jepang yang memegang bola dunia
dan di atas bola dunia itu ada tulisan ekonomi atau ada gambar uang
8.
Bayangkan bendera jepang berdiri di atas pabrik dan komputer
Sekali
lagi, anda perlu kreatif dan jeli menentukan kata kunci dan gambar apa yang
sesuai dengan kata kunci tersebut.
TUGAS
1.
Buatlah kelompok dan buatlah teknik mengingat pelajaran dengan salah satu metode berikut
:
- Teknik Rangkaian Kata/Cerita
- Teknik Plesetan Kata
- Sistem Pasak Lokasi
- Teknik Akrostik
- Teknik Kata Kunci
2.
Carilah dari internet : latihan /senam otak untuk meningkatkan daya ingat. Latihlah di
rumah kemudian peragakan di kelas Anda! Lanjutkan latihan tersebut di rumah !.
3.
Lakukan latihan meningkatkan daya ingat . Lakukan selama 1 minggu, catat hasil
perolehan Anda !.
TABEL OBESERVASI
DIRI DALAM LATIHAN PENINGKATAN
DAYA INGAT
Evaluasi
diri (catat evaluasi dari latihan Anda)
|
SENIN
|
SELASA
|
RABU
|
KAMIS
|
JUMAT
|
SABTU
|
MINGGU
|
Berhasil (ceritakan)
|
|||||||
Tidak berhasil (ceritakan)
|
0 komentar:
Posting Komentar