PERUBAHAN SOSIAL

Perubahan sosial dapat dikatakan sebagai suatu perubahan dari gejala-gejala sosial yang ada pada masyarakat, dari yang bersifat individual sampai yang lebih kompleks. Perubahan sosial dapat dilihat dari segi terganggunya kesinambungan diantara kesatuan sosial walaupun keadaannya relatif kecil. perubahan ini meliputi struktur, fungsi, nilai, norma, pranata, dan semua aspek yang dihasilkan dari interaksi antarmanusia, organisasi atau komunitas, termasuk perubahan dalam ha budaya.

Berikut ini adalah contoh perubahan sosial:

# Perubahan Mode pakaian

Apakah perubahan mode pakaian terjadi dengan sendirinya? Tentu saja perubahan mode pakaian itu terjadi karena ada faktor pendorongnya, seperti masuknya kebudayaan barat melalui televisi. Namun, perubahan mode pakaian itu bisa juga tidak terjadi di daerah lain yang masih terpencil.

# Urbanisasi

Urbanisasi bisa menyebabkan berkurangnya jumlah penduduk desa. Urbanisasi dari desa ke kota umumnya dilakukan oleh kaum laki-laki, tidak terkecuali mereka yang sudah berkeluarga. Keadaan ini mempengaruhi sistem kerja dalam masyarakatnya sehingga wanita yang sudah berkeluarga memiliki peran ganda, yaitu sebagai ibu yang mengasuh anaknya, dan menggantkan suami yang mempunyai tanggung jawab untuk bekerja di ladang.

# Konflik antara majikan dan buruh

Saat ini buruh/pekerja sudah semakin pintar. Apalagi sekarang sudah mulai diakuinya serikat pekerja dalam sebuah perusahaan. Secara otomatis pekerja semakin tahu tentang apa yang menjadi haknya sehingga konflik antara buruh dan majikan semakin sering terjadi.

# Peranan wanita dalam pemerintahan

Bila dulu kita jarang menemui wanita yang terjun di kancah pemerintahan, saat ini sudah ada beberapa peranan penting di pemerintahan yang dipegang oleh wanita. Hal ini terjadi karena sudah banyak wanita yang mengenyam pendidikan yang lebih tinggi serta masyarakat sekarang lebih terbuka dan bisa menerima pemimpin wanita.

# Pemakaian alat komunikasi

Bila sekitar 20 tahun yang lalu komunikasi antara manusia masih menggunakan surat, telegram, dll maka beberapa tahun belakangan ini hampir semua lapisan masyarakat telah menggunakan handpone sebagai alat komunikasi. SMS telah menggeser fungsi surat dan setahun terakhir ini SMS telah tergeser dengan trend BBM diantara pengguna blackberry

Dari berbagai contoh kasus di atas saya mengambil sebuah realita akan kedaan mode pakean yang berkembang sekarang diindonesia, dimana mode pakaian ini sebenarnya tidak sesai dengan budaya ketimuran yang cenderung di anut oleh masyarakat Indonesia kebanyakan, masuknya budaya barat ( mode ) sangatlah menngaggu apalagi di tambah dengan sikap bangsa Indonesia yang latah, dimana saat sbuah tre di masyarakat berkembang maka orang akan cenderung mengikutinya, hal ikni berakibat tidak munculnya sikap kreatif dari individu itu tersebut dan cederung menjadi follower dari sebuah mode yang berkembang.

Di lihat lagi dari aspek budaya, masuknya budaya asink dapat mencederai budaya asli dari bangsa itu dan tergantikan oleh budaya terapan dari budaya luar yang cenderung tidak sesuai di terapkan di Negara kita. Misalnya buudaya penggunaan pakaian yang terbuka sangat menyalai ketimuran yang cenderung tertuitp dan sopan, akibat pakean yang terbuka maka akan timbul niat jahat dari seseorang, misalnya pemerkosaan akibat dari terlalu fulgarnya sebuah mode yang slah.

Memang benar trepan mode penting untuk berkembang mode di Indonesia, namun seharusnya ada sebuah penyaringan dari sebuah budaya mode yang masuk, maka akan lebih di timbulkan budaya positifnya.

Penulis : RND's ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel PERUBAHAN SOSIAL ini dipublish oleh RND's pada hari Rabu, 28 Maret 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan PERUBAHAN SOSIAL
 

0 komentar:

Poskan Komentar